Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Kecam Kunjungan Presiden Suriah ke Rusia

Kompas.com - 22/10/2015, 17:30 WIB
GEDUNG PUTIH, KOMPAS.com - Gedung Putih mengecam keras kunjungan Presiden Suriah Bashar al-Assad ke Moskwa pada Rabu (21/10/2015) kemarin.

Seorang juru bicara AS mengecam Rusia karena menyambut Assad dengan "karpet merah".

Kunjungan pemimpin Suriah pada hari Selasa itu dilakukan tiga minggu setelah Rusia memulai serangan udara di Suriah melawan kelompok militan yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS serta pasukan lainnya. [Baca juga:

Ini merupakan kunjungan pertama Assad ke luar negeri sejak perang saudara pecah pada tahun 2011. Konflik ini menelan korban lebih dari seperempat juta jiwa.

Hari ini, satu tim anggota parlemen Rusia akan bertemu dengan Presiden Assad dan ketua parlemen Suriah di Damaskus.

Saat berada di Moskow, Assad mengucapkan terima kasih atas intervensi militer Rusia dalam konflik di negaranya.

Ia mengatakan keterlibatan Rusia telah membantu menghentikan "terorisme" menjadi "lebih tersebar dan berbahaya" di Suriah.

Dari pihak Rusia, Presiden Putin mengatakan harapan Moskwa adalah "resolusi jangka panjang dapat tercapai dengan dasar adanya proses politik dengan partisipasi dari semua kekuatan politik, etnis dan kelompok agama".

Wartawan BBC Steve Rosenberg di Moskwa mengatakan bahwa dengan menerima kunjungan pemimpin Suriah itu, Presiden Putin mengirimkan pesan yang jelas ke Barat bahwa Moskow merupakan pemain utama di Timur Tengah dan tidak akan ada jalan keluar bagi konflik Suriah tanpa keterlibatan Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com