Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes Kanada yang Sembunyikan Warga AS Saat Penyanderaan di Teheran Meninggal

Kompas.com - 16/10/2015, 09:20 WIB
OTTAWA, KOMPAS.com — Ken Taylor, mantan Duta Besar Kanada yang dipuji karena melindungi sejumlah diplomat Amerika setelah Kedutaan AS di Teheran diserbu tahun 1979,  meninggal pada Kamis (15/10/2015) pada usia 81 tahun. Peristiwa yang melibatkan Taylor 36 tahun lalu itu telah menginspirasi munculnya sebuah film Hollywood, Argo.

"Sedih bahwa Ken Taylor telah meninggal," kata Perdana Menteri Kanada Stephen Harper dalam sebuah pernyataan. "Dia menampilkan layanan luar negeri Kanada yang terbaik."

Pada November 1979, Taylor dan seorang pejabat Kanada lainnya melindungi enam orang diplomat Amerika di rumah mereka di Teheran setelah mahasiswa radikal Iran mengamuk di Kedutaan AS dan menyandera 52 warga Amerika.

Sementara itu, para sandera menghabiskan waktu 444 hari dalam penyanderaan. Enam orang yang berhasil lolos itu disembunyikan oleh tuan rumah yang adalah warga Kanada dan tiga bulan kemudian berhasil melarikan diri dari negara itu dengan menggunakan paspor Kanada palsu.

Putra Taylor, Douglas, mengatakan kepada jaringan televisi CBC bahwa ayahnya "sering mengatakan bahwa orang lain juga akan melakukan apa yang telah dilakukannya".

Peristiwa tersebut menginspirasi munculnya film Hollywood berjudul Argo tahun 2012. Film tersebut disutradarai dan dibintangi Ben Affleck. Namun, beberapa orang di Kanada merasa film itu telah meremehkan peran diplomat mereka, sementara agen CIA, Tony Mendez, dijadikan sebagai bintang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com