Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Amerika Tetap Berada di Afganistan

Kompas.com - 16/10/2015, 08:16 WIB
KOMPAS.com - Presiden Barack Obama memastikan perpanjangan kehadiran militer Amerika Serikat di Afganistan sampai setelah tahun 2016.  Pernyataan ini dipandang mewakili perubahan kebijakan negara itu.

Ketika berbicara di Gedung Putih, Obama mengatakan AS akan mempertahankan 5.500 pasukan di negara itu ketika dia tidak lagi menjadi presiden tahun 2017.

Kebijakan sebelumnya adalah semua pasukan, kecuali kelompok kecil di kedutaan besar, dijadwalkan meninggalkan Afganistan pada akhir tahun depan.

Tetapi militer Amerika menyatakan diperlukan lebih banyak pasukan untuk membantu Afganistan menghadapi peningkatan ancaman Taliban.

Saat ini terdapat 9.800 pasukan AS di Afganistan.

Minggu lalu, komandan tinggi militer Amerika di Afganistan, Jenderal John Cambell, mengatakan AS seharusnya mempertimbangkan perpanjangan kehadiran militer di sana setelah tahun 2016.

Pasukan Amerika akan ditempatkan di empat lokasi, yaitu di Kabul, Bagram, Jalalabad, dan Kandahar.

Sebelumnya Obama berencana mengurangi jumlah pasukan yang ditinggalkan di Afganistan sampai sekitar 1.000 saat dia meninggalkan Gedung Putih pada Januari 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com