Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Bubuk Kimia Mematikan, Pemrogram Asal Liverpool Ditangkap

Kompas.com - 18/09/2015, 21:17 WIB
LONDON, KOMPAS.com — Seorang pemrogram perangkat lunak, Mohammed Ali (31), ditangkap dan dipenjara selama 8 tahun karena berupaya membeli bubuk kimia mematikan dari sebuah pasar gelap di internet. Pembelian bubuk sejenis risin ini terinspirasi oleh film serial televisi AS, Breaking Bad.

Mohammed Ali dinyatakan bersalah pada pengadilan Old Bailey bulan lalu karena berusaha memiliki senjata kimia antara 10 Januari dan 12 Februari 2015 lalu.

Awalnya, Ali yang memakai username Weirdos 0000 membuat kesepakatan dengan pemasok untuk membeli 500 mg bubuk racun ke pasar gelap online seharga 500 dolar AS. Bubuk kimia dengan jumlah tersebut berpotensi membunuh 1.400 orang.

Ali tidak menyadari bahwa sumbernya, Psychochem, sebenarnya adalah agen FBI yang memberikan informasi kepada kepolisian di Inggris.

Setelah bapak dua anak itu mengambil kiriman mainan mobil dengan lima botol tersembunyi di kompartemen baterai, polisi langsung menangkapnya di rumah tersangka di Liverpool.

Hakim Saunders menyatakan bahwa orang yang memiliki bubuk kimia berbahaya harus diberi hukuman yang bikin jera.

"Setiap orang harus tahu bahwa kepemilikan senjata kimia adalah masalah yang sangat serius dan hukuman penjara sangat lama menanti," kata Saunders.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com