Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setengah Juta Pengungsi Bisa Ditampung Jerman

Kompas.com - 09/09/2015, 07:47 WIB
BERLIN, KOMPAS.com — Jerman menegaskan, negara itu mampu menampung setidaknya 500.000 pengungsi per tahun selama tahun-tahun mendatang.

Penegasan itu disampaikan oleh kata Wakil Kanselir Sigmar Gabriel.

"Saya percaya kami pasti mampu menampung setengah juta (pengungsi per tahun) selama tahun-tahun mendatang. Saya tidak ragu mengenai hal itu. Bahkan mungkin lebih," katanya.

Namun, ia menandaskan bahwa negara-negara lain di Eropa harus turut memikul tanggung jawab.

Kesanggupan Jerman menopang ratusan ribu pengungsi yang kini membanjiri Eropa, terutama dari negara-negara yang dilanda perang seperti Suriah, juga disampaikan oleh Menteri Keuangan Wolfgang Schaueble.

Kepada para anggota parlemen Jerman, ia mengatakan, perekonomian negara itu cukup kuat.

Seorang pengamat mengatakan, kesediaan Jerman menerima pengungsi tak lepas dari situasi darurat yang terjadi di Hongaria dan rasa solidaritas di masyarakat Jerman sendiri.

Jerman dan Perancis ingin ada kuota untuk menyebar para pengungsi dan pencari suaka di negara-negara anggota Uni Eropa, tetapi banyak di antara mereka menentang usulan itu.

Bila proposal itu disepakati, negara-negara Uni Eropa terancam denda jika menolak pengungsi dan pendatang yang baru-baru ini tiba di Italia, Yunani, dan Hongaria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com