Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Banglades Tangkap 2 Tersangka Pembunuh Bloger Ateis

Kompas.com - 14/08/2015, 16:25 WIB

DHAKA, KOMPAS.com - Kepolisian Banglades, Jumat (14/8/2015), mengatakan telah menangkap dua orang tersangka yang diduga terkait kasus pembunuhan seorang bloger beraliran ateis.

Niloy Chakrabarti dibacok hingga tewas di kediamannya di Dhaka pekan lalu oleh sekelompok orang. Dia adalah bloger Banglades keempat yang tewas dibunuh sepanjang tahun ini.

Polisi mengatakan, Saad al-Nahin dan Masum Rana ditangkap di Dhaka pada Kamis (13/8/2015) malam. Kepada polisi kedua pria itu mengaku sebagai anggota Ansarullah Bangla Team (ABT) salah satu organisasi Islam yang dilarang pemerintah.

Nahin juga menghadapi dakwaan percobaan pembunuhan terhadap bloger Asif Mohiuddin pada 2013. Saat ditangkap kali ini, Nahin masih dalam status bebas bersyarat.

"Polisi akan meminta izin pengadilan untuk menahannya selama 10 hari untuk menjalani pemeriksaan intensif," demikian pernyataan kepolisian Banglades.

Cakrabarti adalah bloger sekuler Banglades keempat yang tewas dibunuh tahun ini, sejak bloger AS berdarah Banglades Avijit Roy tewas dibunuh di Dhaka pada Februari lalu.

Dalam sebuah posting di Facebook pada Mei lalu, Chakrabarti mengatakan dia dibuntuti dua pemuda. Namun, polisi menolak menerima laporannya dan malah menyarankan agar Chakrabarti meninggalkan Banglades.

Dua kelompok militan Ansar al-Islam dan Al-Qaeda di Subbenua India (AQIS) cabang Banglades mengklaim bertanggung jawab atas pembunuhan bloger tersebut.

Sebelum Chakrabarti, seorang bloger sekuler lainnya, Ananta Bijoy Das tewas dibunuh sejumlah pria bersenjata parang di Sylhet, pada Mei lalu. Sebelum dibunuh, Das mengaku menerima sejumlah ancaman kematian dari kelompok militan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com