Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Dekat Mantan Presiden China Dijerat Dakwaan Korupsi

Kompas.com - 20/07/2015, 23:00 WIB
BEIJING, KOMPAS.com - Seorang mantan pejabat senior Partai Komunis China yang putranya tewas saat terlibat kecelakaan ketika mengemudikan mobil mewah Ferrari di Beijing kini menghadapi dakwaan korupsi.

Ling Jihua, yang pernah menjadi orang dekat mantan presiden Hu Jintao, selain dijerat dakwaan korupsi juga dituding menyalahgunakan kekuasaannya. Demikian dikabarkan kantor berita Xinhua, Senin (20/7/2015).

"Hasil investigasi menemukan bahwa Ling Jihua telah melanggar aturan dan disiplin partai," demikian Xinhua, mengutip pernyataan komite sentral Partai Komunis.

"Dia menggunakan jabatannya untuk mendapatkan keuntungan dari orang lain dan menerima suap dalam jumlah besar untuk dirinya dan keluarganya," tambah laporan itu.

Ling Jihua juga diduga menggunakan jabatannya untuk melakukan perbuatan tak senonoh dan mendapatkan keuntungan untuk bisnis yang dikelola istrinya.

Saat masih menduduki jabatannya di salah satu badan tertinggi negara, karier politik Ling sempat terganggu ketika putranya tewas saat Ferrari yang dikemudikannya terlibat kecelakaan lalu lintas di Beijing.

Kecelakaan itu menjadi skandal besar di China karena di dalam mobil tersebut ditemukan juga dua orang perempuan dalam kondisi terluka, salah satunya telanjang bulat.

Para pengguna media sosial di China kemudian ramai mempertanyakan bagaimana putra seorang pejabat negara bisa membeli mobil yang dikabarkan seharga lima juta yuan atau sekitar Rp 10,7 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com