Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Korupsi, Pejabat China Diajak Tur Keliling Penjara

Kompas.com - 25/05/2015, 14:48 WIB
BEIJING, KOMPAS.com - Partai Komunis China mengajak para pejabat tinggi mengunjungi penjara untuk "menengok" para narapidana kasus korupsi sebagai bentuk peringatan agar mereka tak melakukan kejahatan yang sama. Demikian dikabarkan media pemerintah China, Senin (25/5/2015).

Harian China Daily mengabarkan lebih dari 70 pejabat tinggi dari provinsi Hubei menghabiskan satu hari penuh di penjara dalam sebuah tur pendidikan sekaligus peringatan itu.

Dalam tur penjara itu, para pejabat tersebut diberi kesempatan bertemu 15 mantan pejabat yang saat ini tengah menjalani hukuman penjara karena terbukti melakukan korupsi.

Komisi Pusat Inspeksi Disiplin, badan anti-korupsi Partai Komunis China (CCDI), kunjungan ke penjara untuk para pejabat negara itu dilakukan di seluruh wilayah negeri itu.

"Tur itu mendorong para kader untuk mengetahui ganjaran untuk pelaku tindak pidana korupsi," demikian pernyataan CCDI seperti dikutip China Daily.

Langkah pemerintah menggelar tur penjara ini mendapat reaksi beragam dari warga lewat media sosial. Beberapa warga memuji langkah ini namun tak sedikit yang mengejek. Sementara warga lainnya meminta tur semacam itu diperpanjang waktunya.

"Jika pemerintah melaukan pemeriksaan acak terhadap para pejabat ini, sebagian besar dari mereka pasti juga akan menghuni penjara," ujar seorang pengguna media sosial Weibo.

Sejak Presiden Xi Jinping berkuasa, Partai Komunis China sudah bertekad untuk memberantas korupsi yang sudah mewabah di negeri itu. Sejauh ini sudah banyak pejabat tinggi China yang harus berurusan dengna hukum karena dakwaan korupsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com