Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Milisi Syiah Tiba di Dekat Kota Ramadi

Kompas.com - 18/05/2015, 19:36 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com - Sepasukan besar milisi Syiah, Senin (18/5/2015), tiba di sebuah pangkalan militer dekat kota Ramadi, Irak sebagai bagian dari upaya Baghdad merebut kembali kota itu dari tangan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Milisi yang dikenal dengan nama Hashid Shaabi atau Mobilisasi Rakyat itu telah diperintahkan untuk melakukan mobilisasi besar-besaran, setelah ibu kota provinsi Anbar itu direbut ISIS pada Minggu (17/5/2015).

Pasukan milisi Syiah itu memberikan kekuatan lebih pada pasukan pemerintah untuk melakukan serangan balasan. Namun, kehadiran milisi Syiah ini dikhawatirkan memicu kekerasan sektarian yang menjadi salah satu masalah utama di Irak.

"Pasukan Hashid Shaabi sudah tiba di pangkalan militer Habbaniya dan kini mereka sudah siap," kata kepala dewan provinsi Anbar, Sabah Karhout.

Seorang saksi matan menggambarkan barisan panjang kendaraan tempur dan puluhan truk yang dipersenjatai senapan mesin dan roket, mengibarkan bendera kuning Kataeb Hezbollah, salah satu faksi dalam milisi Syiah.

Juru bicara Hashid Shaabi, mengatakan operasi pengintaian dan perencanaan sedang berlangsung menjelang "pertempuran memperebutkan Anbar", sebuah provinsi luas di lembah Sungai Efrat.

Di provinsi ini jugalan pasukan AS pernah menghadapi pertempuran paling hebat selama 11 tahun pendudukan di Irak.

Sebagian besar penduduk Ramadi adalah Muslim Sunni. Sehingga keputusan PM Haider al-Abadi mengerahkan milisi Syiah untuk merebut kembali kota itu memicu kekhawatiran munculnya kembali kekerasan sektarian.

Sementara itu, koalisi pimpinan AS menggelar 19 serangan udara terhadap Ramadi selama 72 jam terakhir atas permintaan pemerintah Irak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com