Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istri Dubes Malaysia dan 2 Dubes Asing Ikut Jadi Korban Tewas Kecelakaan Heli di Pakistan

Kompas.com - 08/05/2015, 20:13 WIB
Abba Gabrillin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan helikopter yang terjadi di wilayah pegunungan di Gilgit, Baltistan, Pakistan, pada Jumat (8/5/2015) pukul 11.45 waktu setempat, tidak hanya menewaskan istri Duta Besar RI, Heri Listyawati. Kecelakaan tersebut juga menewaskan dua duta besar, serta istri Duta Besar Malaysia untuk Pakistan.

"Sampai saat ini terdapat korban meninggal, yaitu Dubes Filipina, Dubes Norwegia, dan istri Dubes Malaysia," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir di Gedung Kemenlu, Jakarta, Jumat.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan, berdasarkan keterangan yang diperoleh, rombongan yang menggunakan helikopter tersebut merupakan rangkaian kunjungan yang melibatkan 32 dubes asing yang ada di Pakistan.

Kunjungan ini merupakan familiarization trip (kunjungan pengenalan daerah) ke Gilgit, Baltistan, sekaligus menghadiri peresmian proyek pariwisata di Pakistan. Perjalanan para tamu kunjungan terbagi dalam 4 helikopter.

Ada pun helikopter yang jatuh, membawa 17 orang penumpang yang 11 di antaranya merupakan warga negara asing. Beberapa korban selamat dalam kecelakaan tersebut yaitu, Dubes RI untuk Pakistan, Burhan Muhammad, serta Dubes Belanda, dan Dubes Polandia.

Meski berhasil selamat, kondisi ketiganya diketahui menderita luka-luka, dan sedang mendapatkan perawatan di Combine Military Hospital, Gilgit, Pakistan.

Hingga saat ini pihak Kemenlu RI belum bisa memberikan keterangan resmi mengenai penyebab kecelakaan helikopter tersebut. Menurut Retno, pihaknya akan terus menjalin koordinasi dengan KBRI di Islamabad, dan Kedutaan Besar Pakistan di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com