Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Tunggangi Kura-kura Raksasa, Penjaga Taman Safari China Dipecat

Kompas.com - 07/05/2015, 18:53 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Seorang petugas di sebuah taman safari di China diberhentikan dari pekerjaannya setelah video yang memperlihatkan seorang turis menunggangi seekor kura-kura raksasa menyebar di dunia maya dan memicu amarah para pencinta hewan.

Video itu menampilkan seorang pria duduk di atas tempurung kurang-kura Aldabra yang langka sambil mencengkeram bagian atas tempurung kura-kura itu, sementara hewan tersebut berjalan lamban mengitari kandangnya.

Akibat insiden yang tersebar luas di media sosial dan internet itu, Lia Pan (35), sang penjaga Taman Safari Xiamen Haicang, harus kehilangan pekerjaannya.

Juru Bicara Taman Safari Xiamen Haicang, Peng Ku, mengatakan, peraturan taman menegaskan bahwa siapa pun dilarang menunggangi kura-kura raksasa.

"Petugas pengurus hewan sudah dipecat karena mengizinkan pengunjung untuk menunggangi kura-kura raksasa kami," kata Peng Ku.

"Kami kini tengah mencari tahu apakah insiden itu baru kali ini terjadi atau sudah terjadi berulang kali. Kami juga tengah memeriksa apakah pengurus hewan lainnya juga terlibat," kata Peng Ku.

Kura-kura raksasa Aldabra diyakini sebagai salah satu hewan berumur paling panjang dan salah satu jenis kura-kura paling besar di dunia. Hewan ini mampu mengangkat beban hingga seberat 250 kilogram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com