Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remaja AS Selesaikan Permainan Rubik dalam 5,25 Detik

Kompas.com - 28/04/2015, 12:35 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Permainan kotak rubik yang selama berpuluh tahun memusingkan kepala jutaan orang tampaknya tak berlaku untuk Collin Burns. Remaja asal AS ini bisa menyelesaikan keenam sisi rubik hanya dalam waktu 5,25 detik.

Prestasi luar biasa itu dicetak Collin pada kejuaraan nasional "rubik cepat" di Doylestown, Pennsylvania. Collin berhasil mencetak rekor dunia dengan menyelesaikan kubus rubik 0,3 detik lebih cepat dari rekor sebelumnya.

Saat Collin sibuk menyelesaikan kubus rubiknya, para remaja lain juga terlihat sibuk menyelesaikan rubiknya masing-masing dalam pertemuan resmi Asosiasi Kubus Dunia (WCA) akhir pekan lalu.

Saat penanda waktu dinyalakan, Collin mulai mengutak-atik rubiknya untuk menyelesaikan keenam sisi permainan itu. Setelah Collin berhasil menyelesaikan semua sisi rubik berukuran 3 x 3 itu, dia meletakkan benda itu dan penghitung waktu berhenti.

Saat melihat catatan waktunya, Collin tersenyum lebar dan semua remaja di sekitarnya bersorak. Collin membuat rekor baru dengan lebih cepat 0,3 detik dari rekor sebelumnya, yaitu 5,55 detik, yang dibuat Mats Valk asal Belanda.

"Meski hasil ini belum diunggah ke database resmi WCA, kami bisa memastikan ini adalah rekor baru WCA untuk kategori rubik tunggal ukuran 3 x 3 x 3," kata juru bicara WCA.

"Kami sudah memastikan hasil ini diperoleh dalam sebuah kompetisi resmi dengan semua aturan yang diikuti, bahkan pengacakan rubik juga diperiksa dengan teliti," kata juru bicara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com