Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama: Saya Bertanggung Jawab atas Tewasnya Sandera AS dan Italia

Kompas.com - 23/04/2015, 22:28 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Presiden AS Barack Obama, Kamis (23/4/2015), mengatakan, dirinya bertanggung jawab penuh atas operasi intelijen di perbatasan Afganistan-Pakistan pada Januari lalu yang menewaskan dua sandera asal AS dan Italia.

Dalam pidatonya, Obama menyampaikan permintaan maaf sedalam-dalamnya kepada keluarga kedua sandera tersebut, yaitu Warren Weinstein dan Giovanni Lo Porto.

"Berdasarkan informasi dan intelijen yang kami peroleh, kami yakin bahwa operasi kontraterorisme yang menargetkan sebuah basis Al Qaeda di perbatasan Afganistan-Pakistan secara tak sengaja menewaskan Warren dan Giovanni pada Januari lalu," kata Obama.

"Sebagai presiden dan panglima angkatan bersenjata AS, saya bertanggung jawab penuh atas semua operasi kontraterorisme yang kami lakukan, termasuk yang menewaskan Warren dan Giovanni," ujar Obama.

"Saya sangat menyesal atas apa yang telah terjadi. Atas nama Pemerintah Amerika Serikat, saya menyampaikan ucapan dukacita dan permohonan maaf untuk keluarga kedua sandera," tambah Obama.

Weinstein diculik di kediamannya di Lahore, Pakistan, pada 31 Agustus 2011, tak lama sebelum pria itu dijadwalkan pulang ke AS setelah tujuh tahun bekerja di Pakistan.

Weinstein kemudian sempat muncul dalam video yang dirilis Al Qaeda. Di dalam video tersebut, pria itu meminta Pemerintah AS membebaskan semua tahanan Al Qaeda. Sementara itu, Giovanni Lo Porto dinyatakan hilang pada Januari 2012 di Pakistan.

Selain menewaskan Warren dan Giovanni itu, operasi kontraterorisme itu juga menewaskan Ahmed Faruq, warga AS yang menjadi salah satu petinggi Al Qaeda. Satu warga lain dari AS, yaitu Adam Gadahn yang juga anggota penting Al Qaeda, juga terbunuh pada Januari dalam sebuah operasi kontraterorisme terpisah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com