Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Intelijen terhadap Al Qaeda Tewaskan Sandera AS dan Italia

Kompas.com - 23/04/2015, 21:48 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Gedung Putih, Kamis (23/4/2015), mengatakan, sebuah operasi kontraterorisme yang dilakukan terhadap sebuah markas kelompok militan Al Qaeda pada Januari lalu di perbatasan Afganistan-Pakistan menewaskan seorang sandera warga AS dan Italia.

Satu lagi warga AS yang adalah juru bicara Al Qaeda, Adam Gadahn, juga tewas dalam operasi militer kontraterorisme itu.

"Tak ada kata-kata yang bisa menggambarkan rasa penyesalan kami terkait tragedi ini. Presiden (Obama) bertanggung jawab penuh atas pelaksanaan operasi tersebut," demikian pernyataan resmi Gedung Putih.

Gedung Putih mengidentifikasi para sandera yang tewas dalam operasi tersebut adalah seorang kontraktor AS Warren Weinstein dan pekerja sosial Italia, Giovanni Lo Porto.

Weinstein diculik di kediamannya di Lahore, Pakistan, pada 31 Agustus 2011, tak lama sebelum pria itu dijadwalkan pulang ke AS setelah tujuh tahun bekerja di Pakistan.

Weinstein kemudian sempat muncul dalam video yang dirilis Al Qaeda. Di dalam video tersebut, pria itu meminta Pemerintah AS membebaskan semua tahanan Al Qaeda. Sementara itu, Giovanni Lo Porto dinyatakan hilang pada Januari 2012 di Pakistan.

"Analisis dari semua informasi yang bisa diperoleh menuntun intelijen untuk memastikan bahwa operasi itu secara tak sengaja telah menewaskan kedua sandera tersebut," tambah Gedung Putih.

"Operasi itu menargetkan sebuah markas Al Qaeda, yang saat itu diyakini tidak menampung seorang pun sandera. Markas Al Qaeda itu terletak di perbatasan Afganistan dan Pakistan," masih keterangan Gedung Putih.

Keterangan Gedung Putih itu tidak menjelaskan badan pemerintah yang melakukan operasi tersebut, kemungkinan besar operasi itu dilakukan oleh dinas intelijen.

"Kami juga memastikan bahwa Ahmed Faruq, seorang warga AS yang menjadi salah seorang petinggi Al Qaeda, tewas dalam operasi yang sama," lanjut Gedung Putih.

"Selain itu, warga AS lain Adam Gadahn yang juga merupakan anggota penting Al Qaeda, juga terbunuh pada Januari dalam sebuah operasi kontraterorisme terpisah," tambah keterangan itu.

"Meski Faruq dan Gadahn adalah anggota Al Qaeda, mereka bukanlah target yang diincar. Kami tak mendapatkan informasi keberadaan mereka di lokasi tempat operasi tersebut digelar," demikian Gedung Putih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com