Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekitar 300 Warga Inggris Veteran ISIS "Pulang Kampung"

Kompas.com - 09/03/2015, 12:47 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Sekitar separuh dari 700 warga Inggris yang pergi ke Suriah atau Irak untuk bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) sudah kembali pulang. Demikian dikabarkan mingguan The Sunday Telegraph, Minggu (8/3/2015).

Angka yang dimuat dalam artikel soal bocornya rancangan undnag-undang anti-ekstremisme baru itu, jauh lebih tinggi dari perkiraan semua yang menyebut 500 warga Inggris bergabung dengan ISIS dan 250 orang telah kembali.

Menurut The Sunday Telegraph para veteran ISIS yang berpotensi bahaya yang pulang kampung itu mencapai jumlah sedikitnya 320 orang.

Sementara itu, rencana pemerintah Inggris memerangi ekstremisme termasuk mengincar pengadilan Syariah Islam, larangan untuk mempekerjakan anak-anak dan identifikasi terhadap mereka yang diduga telah teradikalisasi saat mengajukan klaim tunjangan kesejahteraan.

Langkah lain adalah hukuman bagi mereka yang melarang seseorang belajar bahasa Inggris untuk meningkatkan integrasi dengan masyarakat serta memperketat pemberian kewarganegaraan hingga dipastikan calon warga baru itu telah memahami "nilai-nilai bangsa Inggris".

Sejauh ini, Kementerian Dalam Negeri Inggris belum memberikan komentar terkait masalah ini saat dihubungi kantor berita AFP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com