Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Nigeria Minta Bantuan AS untuk Melawan Boko Haram

Kompas.com - 14/02/2015, 23:07 WIB
ABUJA, KOMPAS.com - Presiden Nigeria Goodluck Jonathan meminta bantuan Amerika Serikat untuk membantu negeri itu memerangi Boko Haram yang pada Sabtu (14/2/2015) kembali melakukan serangan dan menyerukan pemboikotan pemilihan presiden.

"Apakah mereka (AS) tidak memerangi ISIS? Lalu mengapa mereka tak datang ke Nigeria. Mereka adalah kawan kami. Jika Nigeria mendapatkan masalah, saya berharap AS datang dan membantu kami," ujar Jonathan dalam wawancara dengan harian The Wall Street Journal.

Pernyataan Jonathan itu dipublikasikan saat Boko Haram menyerang kota Gombe di wilayah timur laut Nigeria, menembakkan senjata dan menyebar selebaran yang berisi ajakan untuk memboikot pemilihan presiden.

Namun, juru bicara Pentagon Laksamana John Kirby mengatakan sejauh ini pemerintah AS belum berencana mengirimkan pasukannya ke Nigeria.

"Yang bisa saya katakan adalah tak ada rencana , hingga saya berbicara saat ini, untuk mengirim pasukan ke Nigeria. Tak ada tentara AS yang beroperasi di Nigeria," kata Kirby.

Kirby menambahkan AS kini tengah berada dalam fase awal untuk membantu pembentukan pasukan multi nasional Afrika yang akan membantu Nigeria memerangi Boko Haram.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com