Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petani Korban Kekeringan di Australia Dapat Dana Bantuan

Kompas.com - 06/02/2015, 08:24 WIB
KOMPAS.com — Petani korban bencana kekeringan parah di Australia Selatan akhirnya mengakses skema bantuan pinjaman dana yang sangat mereka butuhkan dari pemerintah federal menyusul tercapainya negosiasi antara Pemerintah Negara Bagian Australia Selatan dengan Pemerintah Federal Australia.

Menteri Pertanian Federal Barnaby Joyce mengumumkan, alokasi bantuan pinjaman ialah senilai 10 juta dollar atau senilai hampir Rp 100 miliar, yang akan digelontorkan untuk para petani di Australia Selatan yang menjadi korban bencana kekeringan sejak 7 bulan lalu. Namun, hingga kini, paket bantuan itu belum juga direalisasikan.
 
Pemerintah Persemakmuran dan Pemerintah Australia Selatan terlebih dahulu harus menandatangani kesepakatan skema tersebut sebelum paket bantuan itu bisa digelontorkan.

Kepada ABC, Joyce mengatakan, pihaknya siap kapan saja mencairkan dana bantuan bagi petani korban bencana kekeringan lahan di Australia Selatan.
 
"Semua tugas yang harus dilakukan oleh pemerintah federal sudah kami rampungkan," katanya.
 
"Sungguh saat ini 'bola' berada di tangan Pengadilan Australia Selatan. Mereka hanya harus menandatangani kesepakatan dalam skema itu yang pada dasarnya adalah setuju bahwa kita tidak bisa memiliki kondisi yang berbeda bagi negara-negara yang berbeda.
 
"Kapasitas merealisasikan skema bantuan itu sudah siap kapan saja Australia Selatan menginginkannya, tetapi mereka harus menyelesaikan tugas bagiannya dahulu pekan ini."
 
Pemerintah Federal menggandeng Biro Meteorologi untuk melakukan pemetaan guna menentukan daerah mana di Australia yang mengalami kekeringan terparah dan menentukan apa ada daerah lain yang mengalami kekurangan curah hujan yang parah.
 
Joyce mengatakan bahwa informasi tersebut kemudian akan digunakan untuk menilai siapa saja petani yang memenuhi syarat untuk menerima skema bantuan pendanaan dan yang mana yang tidak.
 
Kementerian Industri Primer dan Kawasan mengakui bahwa kesepakatan mengenai pedoman bantuan pinjaman itu sekarang sudah tercapai dan karenanya skema bantuan pinjaman itu sudah akan tersedia dalam dua pekan mendatang.
 
Awal tahun lalu, Menteri Pertanian melakukan kunjungan ke kawasan-kawasan pertanian yang menjadi korban kekeringan lahan. Namun, paket bantuan pinjaman dana tambahan senilai 10 juta dollar itu baru digelontorkan pada Juli sehingga membuat banyak petani di Australia Selatan mengalami kesulitan.
 
Bahkan, saking lamanya mereka mendapatkan bantuan, banyak yang menyebut sebagai bencana kekeringan yang terlupakan.
 
Presiden Peternak SA, Geoff Power, mengatakan, penundaan skema bantuan ini telah membuat banyak anggotanya frustrasi.
 
"Rekan-rekan kami petani di  timur laut banyak menyaksikan yang terjadi di perbatasan. Petani di mana rekan mereka di sana telah menerima bantuan pinjaman dana, sementara mereka belum memiliki akses untuk mengambil uang itu," katanya.
 
"Mereka diberi tahu bahwa skema bantuan pinjaman dana itu akan segera cair, tetapi ternyata tidak kunjung diigelontorkan. Para petani merasa ada permainan politik di balik penundaan ini dan kami sebagai produsen dan pemilik lahan hanya ingin bisa kembali melakukan produksi.  Ada banyak pemilik lahan di SA yang sangat kesulitan."
 
Barnaby Joyce mengatakan, pihaknya mendengarkan aspirasi para petani yang terdampak bencana kekeringan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com