Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktor Rusia Pengkritik Presiden Putin Ditemukan Tewas

Kompas.com - 06/11/2014, 20:03 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com — Seorang aktor ternama Rusia yang juga dikenal sebagai salah seorang pengkritik kebijakan Presiden Vladimir Putin ditemukan tewas di kediamannya di kota Moskwa, Kamis (6/11/2014).

Jasad Alexei Devotchenko (49) ditemukan di apartemennya di wilayah utara Moskwa. Sejauh ini polisi belum menemukan bukti tindak kejahatan yang menewaskan sang aktor. Belum lengkapnya keterangan dari kepolisian membuat kabar penyebab kematian Alexei menjadi simpang siur.

Sejumlah media menyebut jasad Alexei ditemukan seorang temannya tergeletak berlumuran darah di luar kediamannya. Namun, laporan lain menyebut jasad Alexei ditemukan di dalam kediamannya.

Seorang sumber di Komite Investigasi Negara kepada kantor berita Interfax mengatakan tak ditemukan tanda-tanda kekerasan di tubuh Alexei. Pria ini kemungkinan tewas karena kepalanya terantuk benda keras ketika dia sedang mabuk.

Sebuah situs berita pro-Kremlin mengabarkan, sebuah botol wiski kosong dan sisa obat bernama Phenazepam ditemukan di dekat jasad Alexei.

Selain dikenal sebagai seorang aktor, Alexei juga dikenal karena vokal mengkritik kebijakan Presiden Vladimir Putin. Pada 2011, Alexei menyerahkan kembali dua piala penghargaan yang diberikan Presiden Putin. Dia mengatakan malu menerima penghargaan dari Putin.

"Saya sudah muak dengan semua hal yang berbau tsar. Dengan kebohongan, penyangkalan, pencurian legal, penyuapan, dan hal-hal lainnya," ujar Alexei saat itu.

Dia juga diketahui kerap terlibat dengan unjuk rasa menentang kebijakan Kremlin dan menjadi anggota kelompok oposisi yang dikenal dengan nama Front Rakyat Bersatu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com