Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Presiden Mundur, Militer Pimpin Burkina Faso

Kompas.com - 02/11/2014, 08:10 WIB
OUAGADOGOU, KOMPAS.com — Kelompok oposisi dan para pemimpin masyarakat sipil Burkina Faso, Sabtu (1/1/2014), menyerukan aksi unjuk rasa setelah angkatan darat negeri itu memilih pengganti Presiden Blaise Compaore yang mengundurkan diri.

Militer memilih Letnan Kolonel Yacouba Isaac Zida menjadi pemimpin transisi sehari setelah Compaore terpaksa meletakkan jabatannya setelah rakyat menentang rencananya untuk memperpanjang masa jabatan.

Isaac Zida, yang mengalahkan rivalnya sesama perwira angkatan darat untuk memimpin pemerintahan transisi, berjanji untuk bekerja sama dengan masyarakat sipil. Namun, dia tidak membeberkan secara detail rencananya pada masa transisi ini.

Zida, wakil komandan pasukan pengawal presiden, mengatakan, dia menerima tanggung jawab sebagai pemimpin transisi untuk memastikan adanya peralihan kekuasaan yang demokratis.

Namun, kelompok oposisi dan para pemimpin masyarakat sipil mengeluarkan pernyataan yang memperingatkan militer agar tidak mencoba terus berkuasa. Kedua kelompok ini mendesak sebuah pemerintahan transisi sipil yang demokratis.

"Kemenangan ini adalah hasil dari gerakan rakyat sehingga tugas untuk mengelola masa transisi menjadi hak rakyat. Militer tak bisa begitu saja merebut itu," demikian pernyataan kelompok oposisi.

Kelompok oposisi juga menyerukan aksi massa besar-besaran di ibu kota Ouagadougou pada Minggu (2/11/2014) di lokasi yang kini disebut "Lapangan Revolusi", di mana sekitar satu juta orang berkumpul menuntut pengunduran diri Compaore.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com