Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Rekaman NASA, Roket Antares Meledak Hanya 16 Detik Setelah Peluncuran

Kompas.com - 29/10/2014, 09:00 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Roket Antares yang mengangkut pesawat ruang angkasa kargo Cygnus untuk Stasiun Antariksa Internasional meledak sesaat setelah diluncurkan dari sebuah landasan komersial di Virginia, Amerika Serikat, Selasa (28/10/2014) petang waktu setempat atau Rabu (29/10/2014) dini hari WIB.

Rekaman Televisi NASA yang diunggah Reuters menunjukkan detik-detik meledaknya roket dengan nilai kontrak dari NASA sebesar 1,9 miliar dollar AS--setara Rp 22,8 triliun. Roket itu lepas landas dari fasilitas penerbangan Wallops pada Selasa pukul 18.22 waktu setempat atau Rabu pukul 05.22 WIB.

Dari video cuplikan rekaman tersebut, tidak ada persoalan ketika roket tersebut lepas landas. Tiang penyangga roket itu pun lepas seperti seharusnya. Namun, setelah 16 detik terbang, tiba-tiba sebuah ledakan terjadi di ekor roket. Selang dua detik kemudian, seluruh badan roket terbakar dan akhirnya pesawat tersebut jatuh ke bumi.

Sampai saat ini, belum diketahui penyebab pasti meledaknya roket tersebut. Hanya saja, NASA, lembaga antariksa Amerika Serikat, memastikan bahwa tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Roket Antares merupakan roket yang dibuat oleh Orbital Sciences, perusahaan yang berbasis di Virginia. Perusahaan ini merupakan salah satu yang dikontrak NASA untuk mengangkut kargo ke Stasiun Antariksa Internasional, setelah pesawat ulang-alik yang biasa dipakai untuk itu pensiun.

Akibat peristiwa tersebut, saham Orbital Sciences langsung anjlok 12,74 persen, hanya satu jam setelah insiden itu, dari semula di kisaran 3,87 dollar AS per lembar menjadi 2,65 dollar AS. Video rekaman tersebut dapat dilihat di link ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com