Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Tangkap Remaja yang Akan Gabung dengan ISIS

Kompas.com - 07/10/2014, 07:58 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.COM - Seorang remaja Amerika berusia 19 tahun telah ditangkap karena diduga berupaya bepergian ke luar negeri untuk bergabung dengan kelompok militan ISIS.

Pernyataan pers yang dikeluarkan Departemen Kehakiman Amerika hari Senin kemarin menyatakan Mohammed Hamzah Khan tanpa melawan ditangkap di bandara internasional O’Hare hari Sabtu oleh FBI sebelum ia terbang dari Chicago menuju Istanbul lewat Wina.

Khan dituntut hari Senin di pengadilan distrik Amerika dengan tuntutan berupaya memberi dukungan materi bagi organisasi teroris asing yang beroperasi di Irak dan Suriah. Warga negara bagian Illinois itu muncul di hadapan hakim hari Senin dan tetap ditahan menunggu sidang hari Kamis.

Pernyataan tertulis itu menyatakan upaya memberi dukungan materi bagi organisasi teroris asing diancam hukuman penjara maksimum 15 tahun dan denda 250 ribu dolar.

Pernyataan Departemen Kehakiman itu menambahkan bahwa tuduhan yang disampaikan atas Khan bukan merupakan bukti bahwa ia bersalah. Tergugat dianggap tidak bersalah dan berhak menjalani sidang yang adil dan pemerintah harus membuktikan bahwa ia benar-benar bersalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com