Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Penyusup, Gedung Putih Evaluasi Keamanan

Kompas.com - 23/09/2014, 06:06 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Penyusupan ke Gedung Putih pada Jumat (19/9/2014), telah membuat satuan pengamanan kepresidenan -cabang dari Dinas Intelijen dan Pengamanan Dalam Negeri Amerika Serikat- melakukan uji kelayakan atas pengamanan di kompleks kepresidenan itu.

Mereka menyebutnya pengujian atas posisi aset strategis taktis dan non-taktis, di dalam maupun di luar pagar kompleks Gedung Putih. Menurut juru bicara Gedung Putih Josh Earnest, pengujian ini akan menganalisis pula personel Secret Service, prosedur pengamanan, serta meningkatkan keamanan fisik dan teknis.

Penyusupan oleh lelaki yang kemudian diidentifikasi sebagai Omar Gonzales, bekas tentara Amerika Serikat itu, terjadi hanya beberapa menit setelah Presiden Barack Obama dan putrinya meninggalkan Gedung Putih dengan helikopter pada Jumat, untuk berakhir pekan di Camp David di Maryland.

Menteri Keamanan Dalam Negeri, Jeh Johnson, meminta semua pihak tak terburu-buru membuat tudingan soal insiden ini."Saya mendorong kita semua untuk tidak terburu-buru menilai peristiwa ini, tak menghakimi para petugas keamanan yang hanya punya waktu dalam hitungan detik untuk bertindak, sampai semua fakta ada," kata dia.

Johnson menambahi, "Sangat penting untuk diingat bahwa US Secret Service tetap menjadi salah satu yang terbaik, jika bukan yang terbaik, soal layanan perlindungan di dunia."

Saat ini Gonzales (42), telah menghadapi tuduhan melawan hukum memasuki bangunan terbatas, juga tuduhan memiliki senjata api mematikan atau berbahaya. Ancaman perbuatannya ini adalah hukuman penjara maksimal 10 tahun.

Pria asal Texas tersebut pernah bertugas di Irak, sebagai salah satu tentara Angkatan Darat Amerika Serikat. Salah satu anak tirinya menyebut Gonzales menderita stres pasca-trauma dan paranoia.

Pengamanan tambahan di Gedung Putih terlihat pada Senin (22/9/2014). Earnest mengatakan, pintu depan kediaman yang kerap menjadi lokasi seremonial, termasuk tempat para wartawan secara berkala mengikuti konferensi pers dengan Obama, akan mendapatkan penambahan pengamanan ketika tak digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com