Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Gelar Pengintaian Udara di Irak

Kompas.com - 15/09/2014, 19:43 WIB
ABU DHABI, KOMPAS.com — Pesawat-pesawat tempur Perancis mulai melakukan pengintaian di atas wilayah udara Irak, Senin (15/9/2014), untuk mendukung kampanye militer pimpinan AS untuk melawan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Seorang koresponden AFP melihat dua jet jenis Rafale yang dilengkapi kamera dengan presisi tinggi lepas landas dari pangkalan udara Al-Dhafra di Uni Emirat Arab saat Menteri Pertahanan Perancis Jean-Yves Le Drian berkunjung.

Sebelumnya, Le Drian menyatakan operasi pengintaian pertama Perancis ini menggunakan basis UEA atas persetujuan Pemerintah UEA dan Irak.

Inggris sudah terlebih dahulu melakukan operasi pengintaian udara untuk mendukung AS dari basis mereka di Siprus, tetapi sejauh ini belum melakukan serangan udara terhadap ISIS.

Menhan Le Drian mengatakan, kunjungannya ke pangkalan militer di UEA itu dilakukan di tengah masa-masa tegang terkait ancaman yang disebarkan ISIS.

"Kita harus siap untuk melakukan intervensi. Kami siap saat dibutuhkan demi keamanan negara karena Perancis juga terancam oleh keberadaan ISIS," tambah Le Drian di hadapan pasukan Perancis di pangkalan militer yang terletak 30 kilometer di sebelah barat daya ibu kota Abu Dhabi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com