Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krisis Ukraina dan ISIS Dominasi KTT NATO

Kompas.com - 04/09/2014, 19:35 WIB
CARDIFF, KOMPAS.com - Konferensi tingkat tinggi NATO, yang dianggap sebagai yang terpenting sejak berakhirnya Perang Dingin, dibuka pada Kamis (4/9/2014), dengan seruan untuk menentang Rusia terkait krisi Ukraina dan melawan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Krisis Ukraina menjadi agenda utama pertemuan ini namun 28 pemimpin negara-negara NATO juga harus memikirkan cara menghadang ancaman ISIS dan membahas masalah yang dihadapi dalam penarikan mundur pasukan dari Afganistan.

"Di timur, Rusia menyerang Ukraina. Di tenggara kita melihat kebangkitan sebuah organisasi teror, yang menyebut dirinya sebagai Negara Islam," kata Sekretaris Jenderal NATO, Anders Fogh Rasmussen.

Rasmussen menambahkan NATO akan mengambil langkah-langkah penting untuk menghadapi berbagai ancaman ini.  Sementara itu, Presiden AS Barack Obama dan PM Inggris David Cameron memperingatkan sekutu-sekutu mereka tidak menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan ini.

Untuk masalah Ukraina, sebagai bentuk dukungan PM Cameron bertemu dengan Presiden Ukraina Petro Poroshenko bersama koleganya dari Perancis, Jerman, Italia dan Amerika Serikat.

Poroshenko juga dijadwalkan menghadiri pertemuan Komisi Ukraina-NATO yang dibentuk setelah negeri itu menjadi partner aliansi pada 1997 untuk memperat hubungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com