Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NATO Persiapkan Pasukan Gerak Cepat Terkait Krisis Ukraina

Kompas.com - 27/08/2014, 19:13 WIB
BRUSSELS, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Rasmussen, Rabu (27/8/2014), mengatakan NATO sedang mempersiapkan pasukan respon cepat terkait krisis Ukraina. Pasukan itu bisa dengan cepat dikerahkan untuk memperkuat Eropa timur.

Seperti dikutip harian The Guardian, Rasmussen mengatakan NATO akan menyelesaikan berbagai perbedaan antarnegara anggota di KTT NATO di Cardiff, Wales pekan depan.

Dalam pertemuan itu diharapkan negara-negara anggota NATO mau menjalankan langkah-langkah baru yang memungkinan NATO mengirim pasukannya dengan cepat.

"Kami akan mengadopsi apa yang kami sebut sebagai rencana aksi kesiapan dengan tujuan bisa bertindak cepat dalam lingkungan keamanan baru di Eropa saat ini," ujar Rasmussen.

"Kami sudah memiliki pasukan gerak cepat NATO, yang bisa dikerahkan dengan segera jika diperlukan. Kini kami akan mengembangkan pasukan yang tingkat kesiapannya sangat tinggi," tambah Rasmussen.

Langkah ini, lanjut dia, tidak termasuk menciptakan basis permanen di kawasan yang dituju, misalnya anggota NATO di Eropa timur seperti Polandia dan negara-negara Baltik. "Pasukan itu akan ditempatkan di sepanjang mereka dibutuhkan di wilayah itu," tambah Rasmussen.

Sejumlah negara NATO menilai kehadiran permanen sebuah pasukan sekutu akan melanggar kesepakatan pasca-Perang Dingin dengan Rusia dan bisa memicu reaksi kuat dari Moskwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com