Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jam Malam Diterapkan di Ferguson Terkait Penembakan Remaja Kulit Hitam

Kompas.com - 17/08/2014, 08:35 WIB
FERGUSON, KOMPAS.com — Gubernur Missouri, AS, Jay Nixon, telah menandatangani sebuah perintah yang menyatakan keadaan darurat dan memerintahkan jam malam di Ferguson, di pinggiran St Louis, di mana seorang remaja kulit hitam ditembak mati oleh seorang polisi kulit putih seminggu yang lalu. Nixon mengumumkan hal itu dalam sebuah konferensi pers pada Sabtu (16/8/2014) waktu setempat.

Nixon mengatakan, pemerintah negara bagian tidak akan membiarkan segelintir penjarah membahayakan masyarakat dan bahwa ketenangan diperlukan untuk menegakkan keadilan.

Jam malam itu akan berlangsung dari tengah malam hingga pukul 05.00, kata Kapten Ronald Johnson dari Missouri State Highway Patrol, yang juga berbicara pada konferensi pers tersebut. Johnson menegaskan, tidak akan ada truk atau gas air mata yang digunakan untuk menegakkan jam malam. Ia mengakui, gas air mata telah digunakan terhadap demonstran pada Sabtu pagi, tetapi mengatakan bahwa ia tidak memerintahkan para petugas untuk mengambil tindakan tersebut.

Ketegangan di Ferguson berkobar pada Jumat lalu setelah polisi merilis nama petugas yang menembak mati Michael Brown (18 tahun) dan mengemukakan tuduhan bahwa Brown merampok sebuah toko sebelum ia ditembak mati.

Nixon juga mengatakan, Departemen Kehakiman AS sedang melakukan penyelidikan terkait penembakan itu dan ada puluhan agen FBI di lapangan yang bekerja untuk menyelidiki kasus tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com