Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama: Pemerintahan Irak Harus Terbentuk untuk Hadapi ISIS

Kompas.com - 10/08/2014, 01:04 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Barack Obama, Sabtu (9/8/2014), mengatakan hal terpenting untuk mengatasi ekspansi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) adalah segera terbentuknya pemerintahan Irak.

"Hal terpenting yang saya fokuskan saat ini adalah pembentukan dan finalisasi pemerintahan Irak. Sebab, tanpa adanya pemerintahan maka sulit untuk mempersatukan bangsa Irak menghadapi ISIS," kata Obama.

Obama menambahkan, perpecahan etnis dan aliran keagamaan yang sudah terlalu dalam di Irak menjadi kendala utama upaya negeri itu menghadapi ISIS.

Obama melanjutkan jika sebuah pemerintahan yang inklusif terbentuk di Irak maka akan jauh lebih mudah untuk memobilisasi rakyat menghadapi ancaman dan mendapatkan dukungan internasional.

"Hanya bangsa Irak yang dapat memastikan keamanan dan stabilitas Irak, AS tak bisa melakukan itu namun kami bisa menjadi rekan dalam upaya menciptakan keamanan dan stabilitas," Obama menegaskan.

Amerika Serikat, lanjut Obama, akan menyediakan bantuan militer kepada pemerintah Irak dan pasukan Kurdi yang saat ini memerangi ISIS.

Tujuannya adalah untuk mencegah ISIS mendapatkan tempat perlindungan dan akan membantu menyediakan sebuah koridor kemanusiaan untuk menjamin bantuan bagi ribuan pengungsi yang kini terjebak di pegunungan Sinjar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com