Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remaja Sydney Masuki Bus Sekolah Yahudi dan Mencaci Penumpangnya

Kompas.com - 07/08/2014, 16:49 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com — Sejumlah remaja masuk ke dalam bus sekolah Yahudi di kawasan timur Sydney, Australia, dan mencaci maki para murid sekolah yang menumpang bus tersebut. Akibatnya, lima remaja harus menjalani pemeriksaan di kantor polisi dan tiga lainnya masih dicari.

Kedelapan remaja tersebut naik ke bus yang penuh dengan anak-anak SD Moira, SD Mount Sinai, dan SD Emanuel School, di daerah Randwick, Rabu (6/8/2014) sore.

"Para remaja itu mengeluarkan ancaman fisik dan kata-kata yang bersifat rasial kepada anak-anak itu," kata polisi.

Jacqui Blackburn, yang tiga anak perempuannya berada dalam bus itu, mengatakan, murid-murid merasa trauma akibat insiden itu dan banyak dari mereka yang menangis ketika mereka turun dari bus.

"Anak-anak sangat ketakutan. Para remaja itu tidak mengenakan seragam. Mereka bukan bagian dari sekolah," katanya sambil mempertanyakan mengapa sopir bus mengizinkan para remaja itu naik ke bus sekolah.

Ketua Komunitas Yahudi Sydney, Yair Miller, mengatakan, sekolah-sekolah itu kini mempersiapkan konseling dan layanan pendukung bagi anak-anak yang mengalami trauma pasca-insiden rasial itu.

Pihaknya tersebut akan melangsungkan pertemuan dengan State Transit Authority dan sekolah-sekolah terkait mengenai langkah-langkah pengamanan bagi murid-murid di dalam bus sekolah.

Polisi menahan lima dari para remaja itu di Sydney timur pukul 03.30 waktu setempat, Kamis (7/8/2014) dini hari, setelah warga mengenali mereka dari publisitas mengenai insiden tersebut.

Para remaja itu ditahan, tetapi terlalu mabuk untuk ditanyai. Mereka diserahkan kepada orangtua mereka. Mereka akan dimintai keterangan kemudian.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com