Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemberontak Tembaki Masjid di Thailand Selatan, 1 Tewas

Kompas.com - 30/06/2014, 15:28 WIB
BANGKOK, KOMPAS.com - Sekelompok orang bersenjata menembaki sebuah masjid di Thailand selatan, Senin (30/6/2014), menewaskan satu orang dan melukai seorang lainnya.

Serangan yang terjadi pada dini hari itu diduga kuat dilakukan kelompok militan di provinsi Pattani itu nampaknya ditujukan untuk seorang wakil kepala daerah. Namun, yang menjadi korban justru seorang pria tua berusia 66 tahun.

"Pria itu meninggal dunia di rumah sakit setelah menderita dua luka tembak saat masjid diserang. Dia adalah ayah dari imam masjid itu. Wakil kepala desa yang jadi sasaran lolos dari maut dengan hanya menderita luka ringan," kata seorang perwira polisi, Letnan Kolonel Somchai Janyoung.

Namun, Somchai tidak menyebutkan berapa banyak orang bersenjata yang menyerang masjid tersebut.

Tiga provinsi di Thailand selatan yang mayoritas penduduknya memeluk Islam, sudah lebih dari satu dekade dibekap pemberontakan yang sudah menewaskan sedikitnya 6.000 orang, sebagian besar adalah warga sipil.

Para pemberontak menuntut peningkatan level otonomi dan menuduh pemerintah Thailand tidak menghargai budaya mereka yang berbeda dan terus melakukan pelanggaran HAM.

Situasi ini kemudian menjadi alasan kelompok militan untuk menyerang warga Buddha dan tokoh Muslim yang dianggap mewakili pemerintah Thailand, termasuk guru, pejabat pemerintah dan tentara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com