Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Polandia: Aliansi dengan AS Tidak Berguna

Kompas.com - 25/06/2014, 16:32 WIB
WARSAWA, KOMPAS.COM - Sebuah majalah Polandia, Minggu (22/6/2014), mengatakan bahwa pihaknya telah memperoleh rekaman percakapan Menteri Luar Negeri Radek Sikorski yang mengatakan aliansi kuat negara itu dengan AS "tidak berarti apa-apa" dan "bahkan berbahaya karena hal itu menciptakan sebuah rasa aman yang palsu."

Dalam sebuah transkrip singkat dari percakapan itu, orang yang diidentifikasi sebagai Sikorski oleh majalah Wprost mengatakan kepada mantan menteri keuangan, Jacek Rostowski, bahwa Polandia secara naif percaya AS menyokong keamanan mereka. Dengan menggunakan bahasa vulgar, orang itu berpendapat bahwa keyakinan semacam itu omong kosong belaka, dan bahwa aliasi Polandia-AS mengasingkan Rusia dan Jerman.

Seperti yang dilaporkan BuzzFeed, rekaman itu juga mengandung momen cabul ketika suara dari orang yang diduga Sikorski menyatakan bahwa Polandia "akan berkonflik dengan baik Rusia maupun Jerman, dan kita akan berpikir bahwa segala sesuatunya baik-baik saja, karena kita telah memberi Amerika blowjob (layanan seks oral)."

Belum ada konfirmasi resmi bahwa orang yang terlibat dalam percakapan itu adalah Sikorski.

Wprost minggu lalu memicu badai politik di Polandia dengan merilis sebuah rekaman percakapan antara kepala bank sentral Marek Belka dan Menteri Dalam Negeri Bartlomiej Sienkiewicz. Dalam rekaman itu, kedua orang itu membahas bagaimana bank itu bisa membantu partai yang memerintah untuk memenangkan lagi pemilihan umum tahun 2015. Isi pembicaraan tersebut dinyatakan melanggar independensi bank sentral itu.

Publikasi tersebut dapat menjatuhkan pemerintah Perdana Menteri Polandia Donald Tusk, dan rekaman yang baru itu diperkirakan dapat menambah masalah. Meskipun percakapan terbaru itu tidak merupakan tindakan ilegal, bahasa dan opini yang kuat kemungkinan akan menempatkan menteri luar negeri itu pada posisi defensif jika percakapan it dikonfirmasi sebagai kebenaran.

Sikorski telah menjadi pengecam vokal terhadap Kremlin dan mengkritik keras tindakan Rusia di Ukraina tahun ini. Di masa lalu dia merupakan pendukung kuat Amerika Serikat, meskipun dia telah menjadi lebih kritis terhadap Washington dalam beberapa tahun terakhir.

Dia juga sudah banyak disebut-sebut sebagai calon pengganti Catherine Ashton sebagai kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa. Polandia secara resmi menyodorkan dia maju sebagai kandidat bulan lalu.

Pemerintah Polandia akan membuat komentar setelah rekaman itu diterbitkan secara utuh, kata juru bicara Malgorzata Kidawa-Blonska.

Wprost mengatakan akan mempublikasikan file suara rekaman itu pada Senin atau Selasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com