Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Melawat ke Polandia di Tengah Krisis Ukraina

Kompas.com - 03/06/2014, 18:43 WIB
Presiden Barack Obama mengumumkan rencana senilai 1 miliar dollar AS untuk memperkuat keberadaan tentara Amerika Serikat di Eropa timur.

Dalam pidato di awal kunjungannya ke Polandia, Selasa (3/6/2014), Obama menjelaskan komitmen Amerika Serikat atas keamanan di wilayah itu sebagai sesuatu hal yang suci. Rencana Obama akan menambah pengerahan tentara AS dan meningkatkan latihan militer bersama.

Namun Kongres AS harus lebih dulu mensahkan rencana tersebut.

Dalam kunjungan ke Polandia, Presiden Obama antara lain akan bertemu dengan Perdana Menteri Polandia dan para pemimpin negara-negara Eropa timur lainnya.

Lawatannya ini diperkirakan akan dipenuhi dengan pembahasan tentang krisis di Ukraina, yang dipicu oleh jatuhnya presiden Ukraina yang pro-Rusia dan disusul dengan Crimea yang memisahkan diri dari Ukraina.

Beberapa beberapa wilayah lain di Ukraina timur kemudian berupaya mengikuti langkah Crimea dan pemerintah Ukraina menuding Rusia berada di balik upaya tersebut.

Bulan April, 150 tentara Amerika Serikat dikerahkan ke Polandia untuk latihan militer ditengah-tengah ketegangan di Ukraina.

"Dengan situasi di Ukraina saat ini, kami juga meningkatkan keberadaan Amerika. Kami sudah memulai rotasi pasukan darat tambahan dan pesawat tempur F-16 ke Polandia untuk membantu dukungan atas misi udara NATO," jelas Obama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com