Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Kecam Taktik Gelap Rusia di Ukraina

Kompas.com - 05/06/2014, 09:09 WIB

WARSAWA, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengecam "agresi" Rusia di Ukraina dan mengatakan, zaman kekaisaran dan pengaruh lingkungan sudah berakhir.

Ketika berbicara di Warsawa untuk memperingati 25 tahun runtuhnya komunisme di Polandia, Presiden Obama memuji demokrasi Polandia sebagai lentera bagi negara tetangganya, Ukraina.

"Bagaimana kita dapat membiarkan taktik gelap abad ke-20 menentukan abad ke-21?" kata Obama, Rabu (4/6/2014).

Menurut Obama, zaman kekaisaran dan pengaruh lingkungan sudah berakhir. Selain itu, lanjutnya, bangsa-bangsa lebih besar tidak bisa menakut-nakuti negara-negara lebih kecil.

Presiden AS mengatakan hal tersebut sebelum menghadiri KTT negara-negara maju yang tergabung dalam G-7 di Brussels.

Konferensi Tingkat Tinggi G-7 ini digelar untuk kali pertama sejak Rusia dikeluarkan menyusul aneksasi Crimea dari Ukraina.

Krisis Ukraina dipastikan mendominasi pertemuan dalam pembukaan pertemuan Rabu malam. Semula KTT G-7 dijadwalkan diadakan di kawasan resor Sochi, Rusia, tetapi dipindahkan ke Brussels.

Para pemimpin G-7 juga akan membahas krisis Suriah dan Nigeria. Sebelumnya Obama bertemu dengan presiden terpilih Ukraina Petro Poroshenko, dan berjanji mendukung pemulihan perdamaian di negara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com