Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upah Minimum Australia Naik Jadi Rp 6,5 Juta Sepekan

Kompas.com - 04/06/2014, 15:33 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com — Para pekerja Australia dengan gaji terendah akan menikmati kenaikan gaji sebesar tiga persen, demikian keputusan yang diambil oleh Fair Work Commission.

Fair Work Commision (Komisi Keadilan Kerja) adalah lembaga pengadil bagi hubungan tenaga kerja, penengah antara lembaga perburuhan dan para majikan yang menggaji para pekerja.

Dalam keputusannya, Fair Work Commission mengumumkan tinjauan tahunan mereka mengenai gaji minimum yang akan berimbas langsung pada sekitar 1,5 juta warga Australia.

Sejak 1 Juli lalu, gaji minimum per pekan akan naik menjadi  640,90 dollar atau sekitar Rp 6,5 juta atau naik sebesar 18,70 dollar.

Presiden Komisi Keadilan Kerja Justice Iain Ross mengatakan belakangan tidak hampir tidak ada kenaikan secara nyata dalam standar gaji minimum, sementara para pekerja dari kelompok lain menikmati peningkatan gaji secara substansial.

"Penurunan standar hidup di antara para pekerja dengan gaji minimum; kebutuhan mereka; pertumbuhan produktivitas yang semakin bagus belakangan ini; biaya unit pekerja yang rendah dalam sejarah; dan absennya tekanan biaya dari pasar kerja, merupakan faktor-faktor yang mendukung kenaikan gaji minimum," ujarnya.

Salah satu faktor lainnya adalah naiknya tingkat superanuasi (sumbangan pensiun) yang akan mulai berlaku pada tanggal 1 Juli ini.

Australian Council of Trade Union (ACTU), semacam serikat buruh yang mewakili para pekerja di tingkat nasional, telah berupaya mendapatkan kenaikan sebesar 27 dollar per minggu, tetapi para pemberi kerja mengatakan, mereka tidak mampu membayar kenaikan lebih dari 8,5 dollar per pekan.

Serikat Buruh khawatir makin melebarnya kesenjangan antara gaji minimal dan pendapatan rata-rata bisa berarti mendorong Australia menjadi seburuk kondisi di Amerika Serikat dan bisa menciptakan kelas "pekerja miskin".

Pemerintah Federal telah mengimbau agar Komisi juga mempertimbangkan bahwa setiap orang Australia juga akan menerima ekstra 550 dollar per tahun jika pajak atas karbon dihapuskan. Tahun lalu, gaji minimum naik sebesar 15,8 dollar per pekan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com