Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Adegan Akrobat Gagal...

Kompas.com - 05/05/2014, 04:45 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

RHODE ISLAND, KOMPAS.com - Sebuah atraksi akrobat "rambut-gantung" di sebuah sirkus runtuh, Minggu (4/5/2014), di Providence, Rhode Island, Amerika Serikat. Sembilan pemain sirkus itu cedera serius dan belasan lain luka ringan karenanya.

Para perempuan pemain akrobat yang bergantungan membentuk sebuah lampu dengan hanya menggunakan rambut sebagai pengikat, terjatuh ke tanah dari ketinggian 12 meter. Kecelakaan ini terjadi sekitar 45 menit atraksi Ringling Bros Barnum and Bailey Circus pada pukul 11.00 waktu setempat. Sirkus ini merupakan legenda di area Dunkin' Donuts Center di Providence.

Stephen Payne, juru bicara Feld Entertainment, perusahaan induk Ringling Bros, mengatakan peralatan kerangka logam yang menjadi tempat para pemain akrobat itu bergantung, terlepas. Sontak, para penampil itu jatuh menimpa penari lain yang ada di bawah mereka.

Menurut Payne, para pemain akrobat ini sudah berkali-kali melakukan atraksinya itu sebelum insiden ini terjadi. Dia tak dapat memastikan sejak kapan para pemain itu menampilkan atraksi tersebut tetapi paling tidak sudah dilakukan sejak Januari 2014.

Komisaris Keselamatan Publik Providence, Steven Pare, mengatakan para pejabat dan penyidik belum dapat menentukan penyebab kecelakaan tersebut. Dia mengatakan sejauh ini belum ada laporan cedera yang mengancam nyawa dari insiden ini.

Roman Garcia, general manager dari pertunjukan ini meminta dukungan doa untuk para pemainnya. "Semua pemain baik-baik saja, semua di rumah sakit, semua sadar," ujar dia, dua jam setelah insiden. Namun, juru bicara rumah sakit di Providence mengatakan 11 orang dilarikan ke sana dengan beragam variasi cedera. "Satu orang kritis," ujar Jill Reuter, juru bicara itu.

Atraksi "rambut gantung" menunjukkan delapan perempuan yang menampilkan koreografi di udara dengan hanya menopangkan diri pada rambut. Atraksi dilakukan pada ketinggian terendah 10 meter. Pada 2004, satu pemain akrobat udara Ringling Bros tewas di St Paul, Minnesota, saat dia memutar-mutarkan diri di udara menggunakan syal sifon panjang pada ketinggian 10 meter dan syal itu putus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com