Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Orang Tewas dalam Dua Ledakan di Kenya

Kompas.com - 01/04/2014, 10:12 WIB
NAIROBI, KOMPAS.COM - Enam orang tewas akibat dua ledakan di ibukota Kenya, Nairobi, kata pejabat setempat. Sejumlah orang juga terluka akibat serangan yang terjadi di wilayah pinggiran kota, Eastleigh.

Eastleigh dikenal sebagai "Mogadishu Kecil" karena besarnya populasi warga Somalia.

Saksi mata mengatakan bahan peledak sepertinya dilemparkan ke tempat pemberhentian bus dan kios makanan selagi banyak orang berlalu lalang hendak pulang ke rumah di sore hari. "Kami menduga itu adalah granat," kata kepolisian kepada AFP.

Serangan granat sering terjadi di Eastleigh akhir-akhir ini, termasuk satu pada bulan Desember tahun lalu yang menewaskan empat orang.

Sepekan lalu, enam orang tewas ketika para penyerang menyerbu masuk ke sebuah gereja di dekat pelabuhan Mombasa dan menembaki jamaat.

Pemerintah Kenya telah memerintahkan semua pengungsi Somalia yang tinggal di kota-kota untuk pindah ke kamp-kamp yang ditunjuk agar mereka terhindar dari serangan. Kelompok Somalia di Kenya menjadi target kelompok militan di tengah aksi pasukan Kenya di Somalia yang bersama PBB mengatasi kelompok militan di negara itu.

Kenya mengirim beberapa ribu pasukan di Somalia untuk melawan Al-Shabab, kelompok yang terkait dengan Al Qaeda. Meskipun tidak ada kelompok mengatakan mereka bertanggung jawab, banyak yang menduga serangan ini dilakukan oleh militan Somalia, Al-Shabab itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com