Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beritakan Aksi Bakar Diri di Tiananmen, Jurnalis Warga Ditahan

Kompas.com - 13/03/2014, 22:09 WIB
BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah China menahan setidaknya empat orang termasuk pendiri situs jurnalisme warga karena memuat berita tentang seorang perempuan yang bakar diri di Lapangan Tiananmen, Beijing, pekan lalu.

Organisasi pembela HAM Amnesty International, Kamis (13/3/2014), Huang Qi, pendiri situs berita 64TianWang, sebuah situs yang menayangkan jurnalisme warga dari seluruh China, dibawa pergi 11 petugas polisi di kota Chengdu.

Dalam serangkaian penggrebekan pekan lalu, polisi juga menangkap setidaknya tiga jurnalis warga yang berkontribusi ke situs itu.

Para jurnalis warga itu adaah Liu Xuehong, Xing Jian dan Wang Jing. Mereka didakwa telah menimbulkan pertengkaran dan menyebabkan masalah.

Berdasarkan sejumlah saksi mata, setidaknya dua jurnalis warga ditahan setelah mereka mengabarkan kepada media asing soal seorang perempuan yang melakukan aksi bakar didi di Lapangan Tiananmen, simbol pusat negara China.

Situs 64TianWang bahkan mencantumkan foto yang menampilkan asap membubung dari kawasan tersebut.

"Sekali lagi pemerintah menunjukkan keinginan kuat untuk memberangus debat soal HAM di dalam negeri China," kata William Nee, periset masalah China di Amnesty International.

Di hari yang sama pemerintah China menganugerahkan penghargaan kepada dua orang polisi yang dianggap berhasil mengatasi insiden bakar diri itu.

Lapangan Tiananmen selalu berada di bawah pengawasan ketat pemerintah, dengan banyak aparat keamanan membawa alat pemadam kebakaran, untuk mencegah aksi protes warga yang tidak puas dengan pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com