Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin Crimea Minta Jaminan Rusia

Kompas.com - 01/03/2014, 16:11 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pemimpin Republik Otonomi Crimea Sergey Aksenov meminta jaminan damai kepada Rusia melalui Presiden Vladimir Putin andai krisis di Ukraina berkembang ke arah kekerasan. Crimea masih menjadi bagian dari Ukraina.

Aksenov adalah Ketua Partai Persatuan Rusia yang diangkat oleh parlemen setempat menjadi pemimpin. Di pundak Aksenov ada tanggung jawab untuk menjaga kehidupan dan keamanan warga Crimea. "Saya meminta kepada Presiden Putin untuk tetap menjaga perdamaian di kawasan Semenanjung Laut Hitam ini," katanya.

Kenyataan menunjukkan, Crimea kini menjadi fokus berlanjutnya krisis di Ukraina. Kemarin, sekelompok orang bersenjata menguasai dua bandar udara Simferopol, ibu kota Crimea. Pada Kamis (27/2/2014), tulis AP , sekelompok orang bersenjata menguasai gedung parlemen Crimea. Mereka juga mengibarkan bendera Rusia di puncak gedung parlemen.

Jumlah penduduk Ukraina ada sekitar 46 juta jiwa. Dari jumlah itu, 77 persen adalah warga dari etnis Ukraina. Lalu, sekitar 17 persen adalah warga etnis Rusia. Sisanya berasal dari Belarus. Kebanyakan warga dari etnis Rusia ini memang tinggal di Crimea.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com