Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendera AL Rusia Berkibar di Bandara Crimea

Kompas.com - 28/02/2014, 11:31 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Sekitar 50 orang bersenjata berseragam militer menduduki Bandar Crimea di ibu kota Simferopol. Crimea adalah Republik Otonomi yang menjadi bagian dari Ukraina. Terletak di tepi Laut Hitam, Crimea berpenduduk warga Ukraina berbahasa Rusia. Di situlah kantung utama pendukung Presiden Viktor Yanukovych yang kini memilih kabur ke Rusia, tulis Interfax  pada Jumat (28/2/2014).

Menurut media itu, kelompok bersenjata itu menggunakan tiga buah truk untuk tiba di bandara. Mereka juga mengibarkan bendera angkatan laut (AL) Rusia di bandara itu. Kelompok tersebut menguasai terminal domestik Bandara Crimea.

Sebelumnya, Kamis, sekitar 100 orang bersenjata berseragam militer menduduki gedung parlemen Crimea. Mereka juga mengibarkan bendera Rusia di atap gedung itu.

Penduduk Ukraina berbahasa Rusia juga banyak berdiam di Sevastopol, Crimea. Sementara itu, Rusia meningkatkan kewaspadaan di perbatasan negara itu dengan Ukraina. Setidaknya, patroli pesawat jet tempur makin intensif di perbatasan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com