Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentagon Rencanakan Perampingan Pasukan

Kompas.com - 25/02/2014, 14:16 WIB
Menteri Pertahanan AS, Chuck Hagel, mengumumkan rencana untuk memperkecil militer AS hingga mencapai titik terampingnya sejak Perang Dunia II.

Bos Pentagon ini mengatakan bersiap mengurangi personel aktifnya dari 520 ribu orang saat ini menjadi antaram 440-450 ribu orang.

Armada udara yang bertugas sejak era Perang Dingin, termasuk pesawat intai U-2 serta jet serbuan A-10, juga akan ditiadakan. Namun rencana ini baru bisa direalisir jika disetujui Kongres.

Desakan untuk merampingkan angkatan bersenjata mengemuka di AS setelah dua perang di negara asing yang sangat membebani anggaran.

Hegel mengatakan rencana ini sangat realistis. "Ini adalah rencana dan penganggaran yang sadar sepenuhnya terhadap realitas besarnya anggaran kita," katanya di depan media di Pentagon. "Akan muncul keputusan-keputusan sulit nanti. Memang itulah kenyataan yang kita hadapi."

Ia juga mengatakan pemerintahan Presiden Barack Obama akan mengusulkan pengurangan pangkalan militer di dalam negeri pada tahun 2017, meski usulan serupa sebelumnya sudah pernah ditolak Kongres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com