Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencuri Gasak Patung Mangga Raksasa Australia

Kompas.com - 24/02/2014, 14:45 WIB
SYDNEY, KOMPAS.COM — Pencuri bersenjatakan mesin berat dan crane melakukan pencurian berani pada Minggu (23/2/2014 tengah malam di Australia utara. Pencuri itu menggondol monumen buah mangga setinggi 10 meter yang berbobot tujuh ton. Demikian kata sejumlah pejabat Senin.

The Big Mango, yaitu sebuah menara setinggi pohon mangga yang banyak terdapat di kota Bowen, di Queensland, di mana patung itu berada, merupakan salah satu dari lebih dari 150 "Big Things" yang didirikan untuk menyedot wisatawan di Australia.

Monumen buah itu, yang diresmikan tahun 2002, tampaknya telah "dipanen" dalam sebuah serangan ambisius. Demikian kata Kepala Pariwisata Bowen, Paul McLaughlin, kepada Australian Broadcasting Corporation (ABC).

McLaughlin mengatakan, dirinya semula berpikir itu merupakan lelucon ketika pertama kali diberi tahu tentang pencurian mangga itu, tetapi "saya keluar dan tentu saja mangga itu telah lenyap".

McLaughlin mengatakan, ada rekaman kamera pengintai tentang pencurian itu dan ia yakin monumen yang dijarah itu akan ditemukan kembali. "Saya pikir itu pasti akan ditemukan, tidak ada keraguan tentang itu. Kami tidak yakin apa yang telah terjadi, tetapi saya yakin bahwa kami akan mendapatkannya kembali."

Ada sejumlah monumen buah-buahan raksasa di seluruh Australia, termasuk Big Banana, Big Pineapple, Big Strawberry, dan beberapa apel besar dan jeruk. Ada juga ikan, lobster, penguin, kanguru, koala, dan bahkan tong anggur raksasa.

Bowen dikenal sebagai ibu kota produksi mangga Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com