Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Brasil Ini Memilih Bekerja Memakai Rok Istrinya...

Kompas.com - 06/02/2014, 00:29 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com — Seorang lelaki pekerja di Rio de Janeiro, Brasil, memilih berangkat bekerja mengenakan rok, Selasa (4/2/2014).

Alasan pilihan pakaiannya ini adalah gara-gara ruang kerja tanpa pengatur suhu (AC) saat cuaca Brasil sedang panas-panasnya, sementara pemakaian celana pendek juga dilarang.

Laki-laki itu adalah Andre Amaral Silva (41). Rok yang dia pakai adalah milik istrinya. Dia memutuskan mengenakan rok ketika mendapati termometer menunjukkan suhu 40,8 derajat Celsius.

Tidak lupa, Andre mengabadikan keputusannya itu dalam foto yang kemudian dia unggah ke jejaring sosial Facebook. Foto itu pun mendapatkan lebih dari 5.000 komentar dalam hitungan jam.

Andre mengatakan, penjaga gedung tempat dia bekerja sempat berupaya melarangnya memasuki bangunan itu dengan busana demikian. Namun, Andre menjawab, "Kalau perempuan diperbolehkan (memakai rok), maka saya juga (mesti diperbolehkan)."

Akhirnya Andre baru bisa masuk setelah ada konfirmasi dari pengelola gedung bahwa memakai rok memang diizinkan. Kepada harian O Globo, Andre mengatakan, "Akhirnya penyelesaian yang gampang. Orang mematuhi aturan tanpa tahu apa alasannya."

Andre pun menambahkan, "Kami (bekerja) tanpa AC, dan bahkan dalam cuaca panas seperti ini (AC) belum diperbaiki." Andre mengatakan juga bahwa rok itu terbukti nyaman dipakai dan dia berpikir tak akan mengembalikan rok tersebut kepada istrinya.

Leila Mariana, Kepala Kehakiman Rio de Janeiro, pada bulan lalu memutuskan bahwa pengacara yang bertugas di negara bagian Rio tak perlu bekerja penuh saat wilayah tersebut dilanda panas menyengat.

Namun, pemakaian celana pendek untuk bekerja tetap terlarang, dan para pengacara itu masih harus mengenakan celana panjang dan kemeja lengan panjang sebagaimana keharusan mengenakan jas dan berdasi pada saat mengikuti sesi pengadilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com