Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Hutan di Cile Meluas

Kompas.com - 10/01/2014, 15:22 WIB

SANTIAGO, KOMPAS.com — Pemerintah Cile memberikan peringatan kesehatan di empat negara bagian akibat asap yang kian menyebar yang berasal dari terbakarnya dari puluhan titik kebakaran hutan.

Kebakaran dengan 70 titik api yang terpisah telah menghancurkan 16.000 hektar lahan atau sekitar delapan kali lebih luas dari kebakaran hutan yang terjadi tahun lalu.

Asap tebal melanda ibu kota, Santiago, yang merupakan tempat tinggal bagi sekitar 40 persen warga Cile dan menciptakan kondisi udara terburuk dalam tujuh tahun terakhir. Angin kencang dan suhu tinggi telah menghambat kerja petugas pemadam kebakaran.

Pejabat kota Santiago mengimbau warga untuk menghindari aktivitas di luar ruangan, seperti joging atau naik sepeda.

Peringatan kesehatan juga telah dinyatakan di Valparaiso di wilayah barat dan Araucania dan Maule, di sebelah selatan Santiago.

Seperti dikutip dari kantor berita AP, Pemerintah Cile memperingatkan warganya mengenai kualitas udara yang buruk. "Kita hanya dapat melihat level kontaminasi yang sangat tinggi," kata Wakil Menteri Kesehatan Jorge Diaz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com