Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Hutan Australia Mulai Terkendali

Kompas.com - 25/10/2013, 16:45 WIB
CANBERRA, KOMPAS.com - Keberhasilan para pemadam kebakaran Australia makin tampak dalam menanggulangi kebakaran hutan yang melanda kawasan Blue Mountains, negara bagian New South Wales. Namun, api mungkin baru bisa padam beberapa pekan lagi.

Para pemadam kebakaran tetap berada di bawah perintah "awasi dan bertindak" dalam menyikapi tiga kebakaran di sebelah barat Sydney, dekat daerah Lithgow, Gunung Mount Victoria dan Springwood.

Pada Kamis (24/10/2013) , seorang pilot bernama David Black meninggal karena pesawat yang Ia kemudikan untuk menyiram air jatuh saat berusaha memadamkan api di Taman Nasional Budawang.

Badan Layanan Kebakaran Rural (RFS) menyatakan tengah melakukan pendekatan agresif dalam pengendalian api dengan cara membumihanguskan daerah tertentu sebelum api sampai ke daerah tersebut, agar menghambat menjalarnya api dalam kebakaran State Mine di Lithgow.

Selain itu, pemadam kebakaran bekerja sepanjang malam untuk menguatkan jalur penahan api dan juga membuat jalur-jalur baru. RFS menyatakan para pemadam mulai berhasil, namun masih ada ancaman kebakaran-kebakaran kecil di lembah Grose Valley.

Kebakaran di Gunung Victoria telah dikendalikan, dan penduduk yang dievakuasi di daerah gunung Mount Tomah dan Berambing, Blue Mountains, telah dibolehkan pulang kembali.
Sebanyak 57 kebakaran saat ini berlangsung di negara bagian New South Wales, dan 20 kebalaran belum bisa dikendalikan.

Sementara itu, kepolisian telah menangkap seorang lelaki berusia 23 tahun dan anak perempuan berusia 15 tahun karena diduga memberi informasi salah kepada penduduk di daerah Bowen Mountain.

Menurut kepolisian, mereka mendapat laporan bahwa ada dua orang yang menyuruh penduduk melakukan evakuasi dikarenakan kebakaran-kebakaran di daerah tersebut.  Kepolisian menemukan bahwa anak perempuan yang dituduh memberi informasi tidak benar itu memiliki obat-obatan jenis methylamphetamine. Ia dan seorang tersangka pria kini dibawa ke kantor polisi Penrith.

Laki-laki tersebut menghadapi tuntutan memberi informasi salah pada orang yang terancam, sementara anak perempuan yang bersangkutan menghadapi tuntutan memiliki obat terlarang dan memberi informasi salah pada orang yang terancam.  Anak perempuan itu kemudian dibebaskan dengan jaminan dan menjalani sidang di pengadilan di bawah umur bulan November.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com