Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Supermarket Dikirimi 140 Kg Kokain dalam Kotak Pisang

Kompas.com - 09/01/2014, 07:50 WIB
BERLIN, KOMPAS.COM — Lima supermarket di Berlin mendapat kiriman yang tidak biasa di antara tumpukan kotak pisang impor dari Kolombia: kotak berisi kokain. Staf supermarket menemukan total 140 kilogram kokain dalam tujuh kotak, hanya beberapa saat sebelum pisang-pisang itu dijual ke publik. Polisi menduga jaringan penyelundup narkoba salah kirim.

”Kami sangat terkejut. Saya tak tahu di bagian mana kesalahan pelaku sehingga barang terkirim ke supermarket,” ujar Olaf Schremm, pejabat polisi Berlin yang berurusan dengan obat terlarang.

Ini adalah penemuan kokain terbesar selama 15 tahun terakhir di ibu kota Jerman itu. Polisi memperkirakan, nilai kokain yang ditemukan mencapai 6 juta euro (Rp 98 miliar) di pasar gelap.

Kokain itu dikirim bersama pisang sebanyak total 1.134 kotak dari Kolombia yang dikirim dengan kapal laut ke Pelabuhan Hamburg sebelum dibawa ke Berlin. Polisi belum mengetahui tujuan pengiriman kokain ini, yang akan disimpan sebagai barang bukti dan kemudian dimusnahkan.

Schremm mengatakan, obat terlarang kerap dikirim dalam kontainer dari Amerika Latin ke Eropa dan polisi kesulitan mengikuti jejak setiap kontainer di pelabuhan tersibuk di Eropa itu. Namun, kokain lebih sering dikirim lewat kurir atau paket udara. Pada 2012, polisi Jerman total menyita 1,26 ton kokain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com