Dokter China, Pasang Tangan yang Putus di Kaki Korban - Kompas.com

Dokter China, Pasang Tangan yang Putus di Kaki Korban

Kompas.com - 18/12/2013, 19:24 WIB
Reuters/BBC Xiao Wei kehilangan tangannya dalam sebuah kecelakaan kerja. Sembari menunggu operasi, tangan yang putus itu kemudian 'dipasangkan' untuk sementara di kaki pria tersebut.

BEIJING, KOMPAS.com - Para dokter China menyelamatkan tangan seorang pria yang terputus dengan disambungkan ke pergelangan kaki.

Xiao Wei, nama pria itu, kehilangan tangan kanannya dalam kecelakaan di tempat kerja. Sayangnya, para dokter tidak bisa dengan segera menyambung tangan yang putus ke lengan pria itu.

Kemudian diputuskan, tangan Xiao Wei diselamatkan dengan cara ditempelkan ke pergelangan kaki kiri dengan "meminjam" pembuluh darah di kaki.

Dalam waktu satu bulan, para dokter bedah dapat memindahkan lagi tangan itu dan mencangkokkan lagi ke lengannya, menurut Rex Features.

Menurut laporan itu, para dokter di kawasan Changsha mengatakan Xiao Wei perlu menjalani beberapa operasi lagi namun mereka perkirakan tangannya akan bisa berfungsi normal.

"Lukanya parah. Selain putus, lengannya juga luka," kata dokter seperti dikutip laporan itu.

"Kami harus merawat lukanya sebelum melakukan penyambungan kembali tangannya," tambah para dokter.

Cairian Healy dari persatuan dokter bedah Inggris mengatakan prosedur seperti itu jarang dilakukan namun para dokter China sangat berpengalaman dalam pembedahan mikro.

Healy mengatakan yang paling penting adalah 'menyelamatkan'  tangan yang akan dicangkokkan. Namun, Healy memperingatkan tidak semua pencangkokan bisa berhasil.

EditorErvan Hardoko
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM