Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Negara Bagian Malaysia Lumpuh oleh Air Bah

Kompas.com - 04/12/2013, 12:11 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Dua negara bagian Malaysia, yakni Terengganu dan Johor, lumpuh oleh air bah. Menurut warta Bernama pada Rabu (4/12/2013), pemicu banjir bandang tersebut adalah hujan deras berkepanjangan sejak lima hari silam.


Data Pusat Penanggulangan Banjir Malaysia (FRC) menunjukkan, pagi ini, jumlah korban banjir di Johor mencapai 7.106 warga. Sementara di Terengganu, korban banjir ada 3.486 orang.

Sementara itu, menurut warta Antara, di Pahang, banjir menyebabkan lebih dari 9.000 warga mengungsi dan lebih 100 kendaraan terendam banjir.

Kota Kuantan lumpuh akibat ketinggian air bah mencapai lebih dari satu meter. Aliran listrik di kota tersebut terpaksa diputus untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Di Johor, banjir juga dilaporkan semakin memburuk. Selain daerah Mersing, Segamat, Kota Tinggi, dan Kluang, banjir merebak ke daerah lain di Muar dan Batu Pahat.

Di Segamat, sebuah jembatan yang melintasi hulu Sungai Segamat di Kampung Sekijang dilaporkan runtuh.

Badan Meteorologi Malaysia memperkirakan, banjir di kawasan Pantai Timur bakal merebak ke utara Terengganu dan Kelantan menyusul hujan yang diperkirakan bergerak ke kawasan utara Pantai Timur. Hujan yang turun tidak lama, kadang-kadang ringan, diperkirakan melanda utara Terengganu dan Kelantan. Badan Meteorologi dalam laman resminya mengeluarkan peringatan hujan lebat peringkat jingga yang bisa menyebabkan banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com