Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Yakin Duduk di Keanggotaan Tidak Tetap DK PBB

Kompas.com - 21/11/2013, 13:25 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Malaysia melalui Wakil Menteri Luar Negeri Datuk Hamzah Zainuddin yakin duduk di keanggotaan tidak tetap Dewan Keamanan (DK) PBB untuk jangka waktu pada 2015-2016. "Saya yakin Malaysia sukses,"katanya dalam sambutan pada upacata Wisuda Diploma Diplomasi 2013 di Kuala Lumpur, kemarin, tulis AP. Sebelumnya, pada 1 Januari 1999, Malaysia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Keanggotaan tersebut berfungsi untuk jangka waktu dua tahun hingga akhir Desember 2000.

Dewan Keamanan yang beranggotakan 15 anggota terdiri dari lima anggota tetap dengan hak veto, yaitu Inggris, China, Prancis, Rusia dan Amerika Serikat. Lalu, ada 10 anggota tidak tetap dengan jangka waktu dua tahun.

Laporan sebelumnya dikatakan, Malaysia akan mencoba untuk mengamankan kursi sebagai anggota tidak tetap DK PBB untuk jangka waktu tersebut dalam rangka memainkan peran penting dalam perdamaian dan keamanan regional dan internasional.

Malaysia juga memperoleh dukungan dari anggota ASEAN untuk pencalonan kursi tidak tetap yang diadakan di sela-sela Sidang Umum ke-68 PBB di New York baru-baru ini .

Sebanyak 39 peserta lokal dan 11 peserta internasional menerima diploma mereka pada upacara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com