Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Kritik Keputusan Saudi Tolak Keanggotaan DK PBB

Kompas.com - 18/10/2013, 22:05 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com - Pemerintah Rusia, Jumat (18/10/2013), mengecam keputusan Arab Saudi yang menolak keanggotan di Dewan Keamanan PBB. Rusia menganggap alasan Saudi yang menganggap DK PBB gagal menangani isu Suriah adalah sebuah argumen aneh.

"Kami sangat terkejut dengan keputusan Arab Saudi yang menolak kursi DK PBB," demikian pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri Rusia.

"Dalam hal ini, Arab Saudi mengeluarkan diri mereka sendiri dari kerja kolektif DK PBB untuk mendukung keamanan dan perdamaian internasional," lanjut Kemenlu Rusia.

Rusia menambahkan, argumen Saudi yang mengkritik kegagalan DK PBB dalam hal isu Suriah dianggap sangat aneh.

Apalagi, lanjut Rusia, akhir September lalu DK PBB mengeluarkan resolusi terkait pemusnahan senjata kimia Suriah.

Hubungan Rusia dan Arab Saudi yang secara tradisional tidak pernah erat, semakin buruk setelah Saudi mendukung pemberontak Suriah sementara Rusia mendukung rezim Bashar al-Assad.

Para diplomat Timur Tengah mengatakan Presiden Vladimir Putin menolak tawaran Kepala Intelijen Arab Saudi Pangeran Bandar bin Sultan terkait isu Suriah.

Pangeran Bandar menawarkan pembelian senjata dari Rusia sebesar 15 miliar dolar AS asalkan Moskwa menarik dukungannya untuk Assad. Putin menolak tawaran itu.

Putin dan Pangeran Bandar bertemu di Moskwa pada 31 Juli lalu, namun Kremlin membantah keduanya mendiskusikan kerja sama militer atau perjanjian lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com