Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akankah "Kelinci Playboy" Terlunta-lunta di Texas?

Kompas.com - 15/11/2013, 19:47 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Rupanya, warga Marfa di Texas Barat, AS, sebal dengan keberadaan sebuah instalasi neon berbentuk logo kelinci, ciri khas majalah Playboy. Menurut warta AP  pada Jumat (15/11/2013), patung setinggi 40 kaki itu letaknya memang di tepi jalan besar kawasan itu, US 90.

Instalasi itu sejatinya karya seniman kontemporer asal New York, Richard Philips. Namanya, Playboy Marfa.

Yang jelas, kemudian, instalasi itu bakal dipindahkan ke Museum Dallas yang jaraknya dari Jalan US 90 sekitar 500 mil arah timur laut. Jadilah patung itu hengkang dari jalanan.

Menurut Juru Bicara Museum Dallas Erin Cluley, Playboy Marfa akan dipindahkan pada April mendatang. Jadwal itu bertepatan dengan pameran karya-karya Richard Philips.

Namun, lantaran bukan bagian dari koleksi museum, instalasi itu rencananya akan dipindahkan lagi. "Kami belum tahu akan dipindahkan ke mana," demikian Erin Cluley.

Debut

Sementara itu, Direktur Eksekutif Museum Dallas Peter Doroshenko mengatakan kalau Proyek Dallas Contemporary merupakan kerja sama dengan Philips selama setahun silam untuk museum ekshibisi pertamanya di AS. Menurut Doroshenko, instalasi itu menjadi salah satu karya tiga dimensi di samping lukisan dan gambar karya Philips.

Debut Playboy Marfa berlangsung di Marfa pada Juni 2013. Kota tersebut letaknya sekitar 180 mil tenggara El Paso. Marfa adalah salah satu pusat pertemuan seni dan karya kreatif.

Ternyata, warga Marfa merasa tak nyaman dengan keberadaan instalasi itu. Menurut mereka, instalasi itu hanya bertujuan untuk memperluas jaringan komersial Playboy.

Tak cuma itu, otoritas transportasi Texas juga mengatakan kalau instalasi itu tak punya izin pemasangan untuk iklan luar ruang. "Kami minta Playboy memindahkan patung itu dalam 45 hari," kata otoritas tersebut.

Kalau tak ada tempat bagi instalasi itu, bisa jadi "Si Kelinci Playboy" bakal terlunta-lunta, akhirnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com