Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Hutan Zimbabwe Tewas Dikeroyok Tiga Ekor Gajah

Kompas.com - 23/10/2013, 23:02 WIB
Pieter P Gero

Penulis

HARARE, KOMPAS.com — Otoritas Satwa Liar Zimbabwe mengatakan, tiga ekor gajah mengeroyok seorang petugas polisi hutan dan menginjak-injak petugas itu hingga tewas.

Ulah tiga binatang berukuran jumbo ini terjadi pada saat para petugas berpatroli untuk mencegah para pemburuh liar di kawasan suaka alam di barat laut Zimbabwe, Afrika.

Kantor berita AP , Rabu (23/10/2013), mengutip radio pemerintah Zimbabwe mengatakan, petugas polisi hutan ini sedang berpatroli berkaitan dengan kasus kematian sekitar 102 ekor gajah di kawasan suaka alam itu dalam beberapa pekan terakhir ini.

Ratusan ekor gajah dibunuh menggunakan racun sianida. Radio pemerintah melaporkan, polisi hutan veteran Lovemore Maphosa (61) tiba-tiba dikejar kawanan gajah saat dia terpisah dari rekan-rekannya.

Kejadian ini terjadi pada Senin (21/10/2013) di wilayah terpencil di Taman Nasional Hwange. Maphosa, setelah berpatroli dengan berjalan kaki selama 10 hari.

Ulah para gajah main keroyokan ini diduga berkaitan dengan aksi pemburu liar yang mengancam kehidupan gajah liar. Gajah liar diketahui menjadi ganas dan agresif, terutama ketika kawanan mereka dalam bahaya.

Para gajah kemungkinan menyangka Maphosa adalah salah seorang pemburu liar yang acap kali membunuh kawanan gajah. Dalam beberapa bulan ini, empat pemburu liar ditangkap dan dijatuhi hukuman 16 tahun penjara.

Para pemburu liar itu menggunakan racun sianida di lokasi tempat minum gajah liar. Tindakan mereka ini untuk mengambil gading gajah yang harganya cukup menarik di pasar gelap. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com